Tiga Eksoplanet di Jagad Raya yang Bisa Dihuni Manusia

Tiga Eksoplanet di Jagad Raya yang Bisa Dihuni Manusia, Berminat Pindah Ke Sana?

Badan Antariksa AS, NASA, menemukan tiga eksoplanet layak huni yang mengorbit bintang berjarak 40 tahun cahaya dari Bumi. Seperti apa kondisi alamnya?



Harapan Kehidupan

Penemuan tiga eksoplanet yang mengorbit bintang kerdil bernama Trappist-1 dirayakan oleh NASA sebagai sebuah pencapaian astronomi. Penemuan tersebut mendekatkan manusia pada kehidupan lain di luar Bumi.


Layak Huni

Trappist-1 memiliki sebanyak tujuh planet. Tiga diantaranya (D, E, F) mengorbit dari jarak aman atau yang disebut dengan zona layak huni. Ilmuwan meyakini ketiga planet ini menyimpan air dalam bentuk cair.


Temuan Langka

Dari sekitar 3500 eksoplanet yang telah ditemukan ilmuwan, hanya planet di seputar Trappist-1 yang paling menjanjikan. Planet-planet itu tidak hanya berbatu, tetapi juga memiliki gaya gravitasi yang menyerupai Bumi.


Keunikan Tanpa Banding

Keunikan Trappist-1 adalah jumlah planet berbatu yang mengitarinya. Hingga kini NASA lebih banyak menemukan bintang induk bersistem tunggal, alias hanya dikitari oleh satu planet. Trappist-1 adalah satu-satunya sistem tata surya yang menyerupai Matahari.


Muda dan Bersinar

Meski belum ada, planet-planet tersebut suatu saat bisa menampung kehidupan. Usia Trappist-1 relatif muda, yakni 500 juta tahun dan masih akan bersinar hingga setidaknya 10 triliun tahun. Bandingkan dengan usia matahari yang sudah mencapai lima miliar tahun.


Impian buat Masa Depan

Namun begitu manusia belum akan mampu mengirimkan wahana ke Trappist-1. Pasalnya dengan mesin pendorong berbahan bakar cair seperti yang digunakan saat ini, sebuah wahana antariksa buatan manusia membutuhkan waktu 44 juta tahun untuk mencapai bintang kerdil tersebut.

 
 
DW

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *