Delapan Organ Tubuh Manusia yang Bisa Dibuat dengan Pencetak 3 Dimensi

Delapan Organ Tubuh Manusia yang Bisa Dibuat dengan Pencetak 3 Dimensi

Pencetak 3D semakin dirasakan manfaatnya dalam dunia kedokteran. Organ tubuh manusia dari pencetak 3D sudah membantu banyak orang sejauh ini. Berikut delapan organ dari pencetak 3D.


Jantung


Peneliti di Tel Aviv University, Israel, berhasil mencetak jantung dengan menggunakan jaringan dari tubuh manusia yang mencakup kolagen, pembuluh darah dan molekul biologis. Namun sampai jantung dari pencetak 3D bisa ditransplantasikan ke tubuh manusia, masih butuh banyak penelitian.

Hidung

Tessa Evans mungkin bisa dibilang jadi contoh paling populer di bidang transplantasi hidung. Anak perempuan asal Irlandia ini lahir dengan penyakit yang jarang ditemukan, yang menyebabkan ia tidak memiliki hidung dan indra penciuman. Implan yang diproduksi dengan pencetak 3D, serta beberapa operasi, memungkinkan Tessa memiliki hidung.

Ginjal

Ginjal organ yang cukup rumit, apalagi mencetaknya secara 3D. Untungnya, para insinyur jaringan di Forest Institute for Regenerative Medicine berhasil melakukannya. Itu harapan bagi pasien yang sedang berada dalam daftar tunggu transplantasi ginjal. Sayang, ginjal ini belum fungsional. Jika sudah siap, dokter akan bisa memberikan ginjal sempurna bagi pasien, yang membutuhkan transplantasi ginjal.

Telinga

Tim dari Cornell University sukses merancang telinga anak-anak 3 dimensi. Telinga yang penuh dengan lekukan itu dibentuk dari 250 juta sel tulang rawan dari sapi dan kolagen dari buntut tikus. Terobosan ini, tentu sangat bermanfaat bagi dunia kesehatan mengingat satu dari 12.500 anak lahir dengan microtia atau gangguan pendengaran hingga menyebabkan kecacatan.

Pembuluh Darah

Para insinyur jaringan dari University of Pennsylvania dan MIT gunakan RepRap printer dan custom software lalu dicetak melalui jaringan filamen-filamen gula untuk membuat pembuluh darah 3 dimensi. Penemuan ini tentu sebuah terobosan, mengingat pembuluh darah berfungsi menjaga kesehatan jaringan. Saat ini, sedang dipelajari bagaimana meningkatkan dan mencetak lebih besar sistem pembuluh darah.

Cangkok Kulit

Tim dari Wake Forest Institute for Regenerative Medicine berhasil melakukan cangkok kulit melalui scan bioprinter dan bentuk luka kulit pasien, yang kemudian di suntik enzim thrombin serta sel-sel lain yang sudah di campur dengan kolagen dan fibrinogen. Melalui inovasi ini, para peneliti di Wake Forest Institute berharap bisa mencetak kulit baru secara langsung untuk menutup sebuah luka.

Rambut

Peneliti pada Human-Computer Interaction Institute di Carnegie Mellon University berhasil menciptakan helai-helai rambut buatan, dan berharap di masa depan akan mampu menciptakan sebuah wig dengan rambut cetakan 3D. Teknologi ini juga diharapkan bisa membantu di bidang bedah restorasi rambut.

Tulang

Anggota tubuh yang bisa di cetak secara 3 dimensi lainnya adalah tulang, yang dibuat oleh tim peneliti dari Washington State University. Tulang itu dibuat dari bubuk keramik. Temuan ini akan sangat bermanfaat bagi jutaan orang yang mengalami kecelakaan dan menderita patah tulang yang komplek dan masih sering diobati dengan cara-cara tradisional. 

 

Video: Membuat Jaringan Tubuh dengan Pencetak 3D

Sumber: Popular Science, Deutsche Welle

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *