Temuan Sains: Alam Semesta Sangat Mirip Struktur Otak Manusia

Alam semesta sangat mirip dengan struktur otak manusia dalam skala yang sangat besar, demikian temuan para ilmuwan.

Sebuah studi baru menyelidiki persamaan antara dua sistem paling kompleks ini, meskipun pada skala yang sangat berbeda: kosmos dan galaksi dibanding otak dan sel sarafnya.

Mereka menemukan bahwa meskipun skalanya jelas berbeda, strukturnya sangat mirip. Dalam beberapa kasus, kedua sistem tampak lebih mirip satu sama lain daripada yang mereka lakukan pada bagian-bagian yang menyusunnya.

Ini menunjukkan bahwa proses fisik yang sangat berbeda dapat mengarah pada struktur kompleks dan terorganisir yang sangat mirip.

Misalnya, otak manusia bekerja karena jaringan dari hampir 100 miliar neuron yang bersama-sama membentuknya. Alam semesta diperkirakan memiliki setidaknya 100 miliar galaksi.

Di setiap sistem, mereka berkumpul bersama dalam jaringan yang kompleks, tersebar dalam filamen panjang dan simpul yang menghubungkannya. Node-node yang menyebar itu akrab dengan gambar alam semesta dan otak, dan menjelaskan beberapa kesamaan.

Tapi di setiap sistem, benang tersebut hanya membentuk sekitar 30 persen dari massa. Di masing-masing, sekitar 70 persen massa sebenarnya terdiri dari bagian-bagian yang tampak pasif: air otak, dan energi gelap alam semesta.

Untuk menggali lebih jauh kesamaan tersebut, para peneliti membandingkan cara jaringan galaksi itu terbentuk dengan bagian-bagian otak. Mereka berusaha memahami bagaimana masalah itu disebarkan ke dua jaringan yang sangat berbeda.

"Kami menghitung kepadatan spektral kedua sistem. Ini adalah teknik yang sering digunakan dalam kosmologi untuk mempelajari distribusi spasial galaksi," kata Franco Vazza, astrofisikawan di Universitas Bologna yang mengerjakan studi dengan ahli bedah saraf Universitas Verona, Alberto Feletti. .

"Analisis kami menunjukkan bahwa distribusi fluktuasi dalam jaringan saraf otak kecil pada skala dari 1 mikrometer hingga 0,1 milimeter mengikuti perkembangan yang sama dari distribusi materi di jaringan kosmik tetapi, tentu saja, dalam skala yang lebih besar dari 5 juta hingga 500 juta tahun cahaya ".

Mereka juga memeriksa cara jaringan neutron dan galaksi terhubung - sekali lagi menemukan kemiripan yang nyata, dengan sistem yang tampak lebih mirip satu sama lain daripada bagian komponennya. Untuk melakukannya, mereka membandingkan jumlah rata-rata koneksi antara masing-masing node, dan bagaimana mereka mengelompokkan.

"Sekali lagi, parameter struktural telah mengidentifikasi tingkat kesepakatan yang tidak terduga. Mungkin, konektivitas dalam dua jaringan berevolusi mengikuti prinsip fisik yang serupa, terlepas dari perbedaan mencolok dan jelas antara kekuatan fisik yang mengatur galaksi dan neuron," kata Alberto Feletti.

"Kedua jaringan kompleks ini menunjukkan lebih banyak kesamaan daripada yang dimiliki bersama antara jaringan kosmik dan galaksi atau jaringan saraf dan bagian dalam tubuh saraf".

Makalah yang menjelaskan temuan ini, 'Perbandingan kuantitatif antara jaringan saraf dan web kosmik', diterbitkan dalam jurnal Frontiers of Physics.