Menara Anti Polusi yang Menyerap Asap dan Diolah Jadi Perhiasan

Menara Anti Polusi yang Menyerap Asap dan Diolah Jadi Perhiasan

Share

Sebuah proyek inovatif karya ilmuwan dan desainer Belanda mengubah kabut asap menjadi perhiasan berharga. Dengan proyek tersebut ia ingin menciptakan ruang publik berudara bersih di tengah kota yang pekat dengan polusi udara.


Modern dan Futuristik


Menara anti polusi yang didesain Daan Roosegaarde terlihat modern dan futuristik. Kendati terkesan sederhana, benda ajaib ini mampu membersihkan udara di sekelilingnya, menjadi semacam oase udara bersih di tengah kabut asap.



Filter Ajaib

Di dalamnya terdapat filter udara berteknologi teranyar yang sangat efisien. Selain hemat energi, filter ini juga mampu menyaring partikel terkecil sekalipun. Hasilnya udara yang ada di sekitar menara 75% lebih bersih ketimbang udara kota.


Hak Bernafas

Satu menara saja tidak cukup buat membersihkan udara seisi kota. Gagasan Roosegaarde sebenarnya cuma menyulap ruang publik menjadi kawasan berudara bersih di kota-kota yang berpolusi tinggi seperti Beijing.


Limbah di Udara

Roosegaarde meyakini masa depan tanpa sampah. Sebab itu ia mencari cara untuk mendaur ulang partikel polusi yang tersaring oleh menara udara buatannya.


Sampah Menjadi Emas

Roosegaarde akhirnya memutuskan untuk menyulap partikel kotor menjadi sesuatu yang berharga. Dengan mengolah limbah lewat proses bertekanan tinggi selama 30 menit dan menyelubunginya dengan kaca akrilik, Roosegaarde berhasil memproduksi perhiasan berharga, semisal "Smog Free Ring" ini.


Visioner Urban

Roosegaarde tidak asing dengan gagasan inovatif untuk masa depan. Di Eindhoven, Belanda, ia merancang jalur sepeda bercahaya. Untuk itu ia menggunakan cat Fluoresensi yang menyerap energi matahari di siang hari dan bisa memendarkan cahaya selama 8 jam di malam hari.
 
 

 

 

Bagikan Via WhatsApp, Twitter, Facebook

© 2018 Zamane.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *