fbpx
Harga gandum dan jagung di pasar global turun, setelah dimulainya ekspor gandum dan jagung Ukraina yang difasilitasi Turki dan PBB, dan kesepakatan terbaru Putin-Erdogan: ekspor hasil pertanian bebas hambatan dari Rusia melalui Turki.
Berbicara tentang diabetes, ada satu kondisi yang selalu mengiringinya, yaitu kadar gula darah...
Desa Turtuk adalah bagian dari Pakistan hingga tahun 1971. Saat perang perbatasan, tentara India...
Ada ribuan triliun planet memenuhi alam semesta. Temuan ini berdasarkan model tiga dimensi dari...
Di Skotlandia ada proyek perumahan untuk warga bokek yang tak punya tempat tinggal. Social Bite...
Menara Anti Polusi yang Menyerap Asap dan Diolah Jadi Perhiasan

Menara Anti Polusi yang Menyerap Asap dan Diolah Jadi Perhiasan


Modern dan Futuristik


Menara anti polusi yang didesain Daan Roosegaarde terlihat modern dan futuristik. Kendati terkesan sederhana, mampu membersihkan udara di sekelilingnya, menjadi semacam oase udara bersih di tengah kabut asap.



Filter Ajaib

Di dalamnya terdapat filter udara berteknologi teranyar yang sangat efisien. Selain hemat energi, filter ini juga mampu menyaring partikel terkecil sekalipun. Hasilnya udara yang ada di sekitar menara 75% lebih bersih ketimbang udara kota.


Hak Bernafas

Satu menara saja tidak cukup buat membersihkan udara seisi kota. Gagasan Roosegaarde sebenarnya cuma menyulap ruang publik menjadi kawasan berudara bersih di kota-kota yang berpolusi tinggi seperti Beijing.


Limbah di Udara

Roosegaarde meyakini masa depan tanpa sampah. Sebab itu ia mencari cara untuk mendaur ulang partikel polusi yang tersaring oleh menara udara buatannya.


Sampah Menjadi Emas

Roosegaarde akhirnya memutuskan untuk menyulap partikel kotor menjadi sesuatu yang berharga. Dengan mengolah limbah lewat proses bertekanan tinggi selama 30 menit dan menyelubunginya dengan kaca akrilik, Roosegaarde berhasil memproduksi perhiasan berharga, semisal "Smog Free Ring" ini.


Visioner Urban

Roosegaarde tidak asing dengan gagasan inovatif untuk masa depan. Di Eindhoven, Belanda, ia merancang jalur sepeda bercahaya. Untuk itu ia menggunakan cat Fluoresensi yang menyerap energi matahari di siang hari dan bisa memendarkan cahaya selama 8 jam di malam hari.
 
 
 

Please publish modules in offcanvas position.